androslot
mito99
poco99
mito99
rajapola
https://22crown.politama.ac.id/
lembaga.lspbangundesa.id/sgacor
https://skywin.politama.ac.id/
https://wates-kediri.id/
https://perpus.politama.ac.id/
https://fkip.politama.ac.id/
https://nagacuan.politama.ac.id/
https://heylink.me/linkabadislot
https://www.gratuitnet.net/
https://pelita-bangsa.com/
https://pramugari.co.id/pelatihan/
https://kampusdigital.esaunggul.ac.id/news/
https://galaksi4d.lspbangundesa.id/
https://galaksi4d.sekolahpramugari.ac.id/
https://mbkm.unisba.ac.id/inbound/shop/
https://sttbethelbanjarbaru.com/
https://www.man1kudus.com/
https://manu3ittihadbahari.com/
https://www.streambreeze.net/
https://www.mirchigossips.com/
https://sireindonesia.com/
https://gendis.man8-jombang.sch.id/
https://e-ppid.poltekapp.ac.id/
https://mahasiswa.unma.ac.id/
https://galaksi4d.bukma.kupangkab.go.id/
http://bppdrd.balikpapan.go.id/data/
https://mayasopa.singkawangkota.go.id/shop/
PPMI Assalaam Berhasil Mendapatkan Penghargaan Ekopesantren Award 2024 | MTs PPMI Assalaam

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam berhasil mendapatkan penghargaan Ekopesantren Award 2024 pada kategori program Hidup Sehat dan Bersih. Pemberian penghargaan dilaksanakan Jum’at 14 juni 2024 bertempat di Gedung Auditorium Cyber Universitas Nasional Jakarta. Dengan tema “Mewujudkan Pondok Pesantren yang Hijau, Mandiri, dan Ramah Lingkungan”.

Program Ekopesantren adalah hasil kerja sinergi antara Pusat Pengkajian Islam (PPI) Universitas Nasional (Unas) dengan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Sinergi ini tertuang dalam nota kesepahaman tentang Program Ekopesantren yang ditandatangani Direktur PD Pontren Prof. Dr. Waryono Abdul Ghofur, M.Ag dan Kepala Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional Dr. Fachruddin Mangunjaya, M.Si. program ini berlangsung selama tiga tahun dari 2021 sampai dengan 2024, diikuti sebanyak 50 pesantren  dengan 40 unit di antaranya merupakan ponpes-ponpes dari Jawa. Adapun sisanya berasal dari Sumatra.

Program-program ekopesantren menjadi upaya untuk melacak serta memetakan pesantren-pesantren yang secara nyata dan konsisten menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan. Mereka inilah yang layak disebut sebagai “ekopesantren” atau ponpes dengan wawasan ekologis. Terdapat 10 program dalam ekopesantren yang menjadi tolok ukur (benchmarking) untuk sebuah ponpes ramah lingkungan. Penentuan benchmarking ini pun telah berdasarkan pada riset. 10 program itu di antaranya adalah Kurikulum Berbasis Lingkungan; Integrasi Pelajaran Fikih Lingkungan; Peningkatan SDM di Bidang Lingkungan; Lahan Pesantren; dan Sumber Daya Air. Kemudian, ada program Hidup Sehat dan Bersih; Pengelolaan Limbah dan Sampah; Sumber Daya dan Energi; Transportasi; serta Keanekaragaman Hayati.

Dalam menyiapkan program ekopesantren ini PPMI Assalam dibawah arahan wadir II Ustdz Sigit Rahardja, S.Si, M.Pd menunjuk kepala MTs Ustdz M Soleh Pratono, S.Si, M.Pd yang selama ini mengawal program sekolah adiwiyata nasional untuk membentuk tim dan berkolaborasi dengan bagian umum dalam menyiapkan program ekopesantren. Setelah melewati beberapa kegiatan dari akhir tahun 2021 sampai dengan awal 2024 meliputi kegiatan pendidikan & pelatihan;

Tracking untuk menilai dan mengukur posisi pondok pesantren sebagai pesantren yang ramah lingkungan; dan Seminar Kegiatan pembelajaran dan pengalaman dalam mengembangkan komunitas pondok pesantren yang ramah lingkungan.

Berdasarkan hasil penilaian dan rapat dewan juri, diputuskan pemenang program ekopesantren kategori program hidup sehat dan bersih diberikan kepada Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Penganugrahan Ekopesantren Award 2024 kepada PPMI Assalaam dihadiri oleh Wakil Direktur I ustdz Edi Suprapto, S.Ag, M.Pd dan Tim Ekopesantren PPMI Assalaam ustdz M Soleh Pratono, S.Si, M.Pd.